Breaking News
Berita  

Bergerak Bersama Kendalikan Stunting, Ini Inovasi dr Udin Malik yang Terbukti Efektif

METAINFO.ID,MAKASSAR – Ketua Forum Kemanusian Kota Makassar (FKKM) dr Udin Malik terus mengumandangkan pengendalian stunting dengan bergerak bersama dalam Focus Group Discussion (FGD) Stunting di Makassar. FGD tersebut kembali dilaksanakan di Kelurahan Bara-Baraya Selatan, Kelurahan Maricaya, Kelurahan Bontoala, dan Kelurahan Maccini, Rabu (30/08/23).

Salah satu inovasi yang telah terbukti efektif yakni, program 1 Anak 1 Warung Makan.

“Program swadaya ini dari dan oleh masyarakat, program 1 Anak 1 Warung Makan,” ujar lulusan terbaik Fakultas Kedokteran Unhas 2013 yang meraih predikat Summa Cumlaude dengan IPK 4.00 itu.

“Pendek belum tentu stunting, tapi stunting sudah pasti pendek. Stunting itu karena kekurangan gizi kronis, untuk itu program ini mampu mengatasi permasalah stunting,” tambahnya.

Pemuda yang akrab disapa dr Udin Malik menjelaskan bahwa telur dan ikan sudah cukup atasi stunting. Dibandingkan dengan makanan jajanan seperti kerupuk atau indomie.

Program 1 anak 1 warung makan ini telah terbukti efektif. Berdasarkan uji studi FKKM di Kelurahan Balaparang, program tersebut mampu membantu menaikan berat badan anak yang terdeteksi stunting.

Di kelurahan tersebut dijalankan ke 11 anak, didampingi sembilan relawan, dan didampingi 7 warung. Konsepnya 1 porsi ke 1 anak per hari, apa yang diberikan ke anak tersebut adalah CSR dari warung makan tersebut. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *