Breaking News

Begini Upaya Disdukcapil Makassar Atasi Calo

METAINFO.ID,MAKASSAR-Keberadaan” Calo “masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat yang ingin melakukan pengurusan di kantor pelayanan publik. Tidak terkecuali di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Makassar. Sejumlah masyarakat mengaku masih kesulitan mengurus dokumen di perangkat daerah tersebut. Namun, akan menjadi mudah jika diuruskan oleh oknum tertentu.

Hal inilah yang menjadi perhatian Kepala Dinas Dukcapil Makassar, Muhammad Hatim Salam.

Hatim mengaku akan terlebih dulu memelajari pola atau mekanisme kerja yang dilakukan oleh oknum calo.

“Sistem apa yang dia pakai disitu. Begitu saya mau. Kita tidak mau sembarang lappo juga, tidak ditahu bagaimana pola kerjanya mereka,” jelasnya.

Hatim sendiri menilai, besar kemungkinan oknum calo yang ada di Dukcapil Makassar adalah orang luar. Tetapi, mereka memiliki akses untuk memudahkan mereka dalam melakukan pengurusan dokumen kependudukan.

“Calo ini menurutku, memiliki kemudahan akses di dalam. Tentu, ada orang-orang dalam backingannya. Menerima job-job sampingan,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Hatim, sebagai langkah awal dia akan melakukan penelusuran orang-orang di Dukcapil yang selama ini menjalin kerjasama dengan para calo. “Termasuk saya diskusi dengan Pak Kabid, bagaimana untuk mengurai orang disini,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *