Breaking News

Diskominfo Makassar Sebut,” Makassar Metaverse” Dalam Tahap Perencanaan Pembangunan

METAINFO.ID,MAKASSAR-Program Makassar Metaverse (Makaverse) yang diinisiasi oleh Wali kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, masih dalam tahap perencanaan pembangunan.
Hal ini berdasarkan hasil wawancara dengan Dinas Kominfo Kota Makasaar saat ditemui di acara talk show Readtimes.id, di Gedung Konvention Hotel Unhas, Jumat, (14/1/23).

Kepala Bidang Aplikasi Diskominfo Makasaar , Jusman menyatakan bahwa program metaverse masih belum bisa dikatakan efektif karena masih dalam tahap perencanaan.

“Saat ini belum bisa dikatakan efektif karena masih dalam proses perencanaan pembangunannya. Tapi tahapan-tahapannya sudah dilakukan misalnya perencanaan. Kita sudah bermitra dengan provider yang bisa menyiapkan  platform metaverse, menyiapkan konten, dan menyiapkan big data supaya kesiapan bisa lebih cepat” kata Jusman.

Lanjut Jusman bahwa kendala yang dihadapi adalah penyiapan konten karena banyak yang harus di capture apalagi ini tiga dimensi. Kemudian avatarnya harus sesuai dengan teknologinya. Terus terang, banyak paltform yang kita belum punya. Tapi, mungkin tahun ini sudah ada pelayanan metaverse.

Makassar metaverse  ini merupakan bagian dari program untuk mewujudkan makassar smartcity sebagai kota dunia. Ini menjadi harapan besar kedepannya.
“Harapan kedepannya masyarakat makassar bisa beradaptasi dengan teknologi terbaru itu karena kedepannya bukan hanya berinteraksi dengan dua dimensi melainkan empat dimensi” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Danny Pomanto bercita-cita menjadikan Makassar sebagai Kota Metaverse, yang disebutnya sebagai Makaverse. Jika benar terjadi, Makaverse akan menjadikan sistem pelayanan publik menjadi serba digital guna menunjang peningkatan pelayanan terhadap masyarakat kedepan.
(*Eng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *