Breaking News
Berita  

Sederhana dan Efektif, Masyarakat Siap Kawal Program 1 Anak 1 Warung Makan

METAINFO.ID,MAKASSAR– Penguatan pemahaman masyarakat terkait pengendalian stunting terus dilakukan lewat Focus Group Discussion (FGD) di kelurahan-kelurahan. Seperti yang dilaksanakan di Kelurahan Biring Romang, Layang, Pa’Baeng-Baeng, dan Melayu, Jumat (22/09/2023).

Antusias masyarakat begitu besar. Termasuk saat Ketua Forum Kemanusian Kota Makassar (FKKM), dr Udin Malik menyampaikan inovasi pengendalian stunting lewat program 1 Anak 1 Warung. Masyarakat pun antusias mengawal.

Salah satu warga dari Kelurahan Biring Romang, Musdalifah menyampaikan bahwa ketidak pahaman tentang asupan gizi anak yang baik membuat masyarakat banyak menganggap sepeleh stunting itu.

“Adanya kegiatan ini sangat membantu, termasuk atas apa yang disampaikan dr Udin mengenai program 1 Anak 1 Warung Makan itu,” ucapnya.

“Apalagi makanan yang ditentukan dalam program itu sesuai dengan makanan rumahan, sedangkan anak umur 1 tahun ke bawah dibuatkan jadi bubur. Menu yang disarankan sangat cocok untuk anak-anak, itu karena minimal ikan dan telur dan tidak memberatkan,” tambahnya.

Hal itu disampaikan usai dr Udin Malik yang juga merupakan lulusan terbaik Unhas 2013 dari Fakultas Kedokteran yang meraih predikat Summa Cumlaude dengan IPK 4.00 menjelaskan tetang program panjang pengendalian stunting di Makassar.

Berangkat dari program 1 Anak 1 Warung Makan, juga akan ada kegiatan bapak asuh anak stunting dari kedinasan.

“Harus ditau bahwa yang membuat anak stunting itu besar pengaruhnya karena asupan makanan dan pola asuh,” ucap dr Udin Malik.

“Oppo (kerupuk, red) bunda bikin anak kenyang salah-salah. Padahal modalnya untuk menghindari anak stunting cukup asupan ikan dan telur, begini juga dalam atasi stunting,” katanya.

Untuk itu, agar menuju Makassar Zero Stunting 2024, akan ada dua program yang akan berjalan beriringan. Kedua program itu yakni, 1 Anak 1 Warung Makan dan program Bapak Asuh Anak Stunting.

“Forum Kemanusiaan ini kita inisiasi program 1 anak 1 warung makan, program tepat sasaran, di Ballaparang 7 warung makan saya cari untuk bagi 20 porsi makan, 17 Agustus kemarin, 5 anak sudah keluar dari status stunting,” jelasnya.

“Di walikota Makassar juga bunda, kita inisiasi program Bapak Asuh Anak Stunting, jadi setiap kedinasan nanti punya anak asuh untuk penanganan stunting, tapi saya mendorong akan libatkan relawan agar tetap gotong royong atasi stunting,” tuturnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *