Breaking News

Tindak Lanjuti Imbauan Wali Kota Makassar, Camat Biringkanaya Imbau Warga Antisipasi Banjir

METAINFO.ID,MAKASSAR – Camat Biringkanaya, Juliaman, S.S.S .MM, mengingatkan warga Kecamatan Biringkanaya untuk tetap waspada menghadapi musim hujan. Pada saat serah terima jabatan (Sertijab) dan dihadapan Lurah, ia menyoroti himbauan dari Walikota Makassar terkait tiga panduan menghadapi cuaca ekstrem.

Panduan pertama menunjukkan risiko banjir disebabkan oleh melimpasnya air ke daratan akibat curah hujan tinggi, air pasang, deforestasi di hulu, dan ketidakadanya daerah resapan air. Kedua, masyarakat diingatkan tentang risiko terseret arus dan tenggelam akibat banjir, serta pentingnya tidak membangun di atas drainase. Panduan ketiga menekankan perlunya membersihkan saluran air, menanam pohon, dan tidak membuang sampah sembarangan.

Camat Juliaman menekankan agar warga selalu waspada dan menghubungi nomor darurat 112 dalam keadaan darurat terkait dampak cuaca ekstrem. Saat terjadi banjir, warga diminta untuk mematikan listrik dan mengamankan barang berharga.

Ia juga meminta warga untuk mengutamakan keselamatan, menjaga anak, diri sendiri, dan keluarga. Berharap agar semua tetap dalam kondisi sehat dan selalu berada dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa.

Pemerintah, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), mengajak warga untuk memanfaatkan layanan call center 112. Layanan tersebut tidak hanya sebagai pusat informasi, tetapi juga sebagai wadah untuk melaporkan kondisi darurat, seperti pohon tumbang akibat angin kencang atau drainase yang tersumbat. Laporan melalui layanan 112 akan ditindaklanjuti oleh OPD teknis guna mengurangi dampak bahaya akibat keadaan darurat.

Camat Biringkanaya menyoroti pentingnya partisipasi aktif warga dalam melaporkan kondisi darurat, terutama dalam menghadapi cuaca buruk yang rawan banjir dan pohon tumbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *