Breaking News

Ketua KONI Makassar Kirimkan Bunga Kajari, Djusman AR : Itu Mengerdilkan Independensi Kejaksaan

METAINFO.ID,MAKASSAR – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Makassar, Ahmad Susanto mengirim karangan bunga ucapan selamat kepada Kepala Kajari Makassar yang baru Nauli Rahim Siregar. Papan ucapan karangan bunga itu terpasang di depan Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel, Jalan Urip Sumohardjo, Kota Makassar, Kamis (13/6/2024).

Pengiriman ucapan karangan bunga itu mendapat tanggapan dari Pegiat Antikorupsi, Djusman AR.

Ia mengatakan kiriman bunga dapat memunculkan persepsi liar di tengah masyarakat.

“Bagi saya tindakan itu bukan hanya merupakan lelucon tetapi juga mengerdilkan independensi Jaksa atau Kajari. Jelas menimbulkan persepsi negatif antara Kejaksaan dan terperiksa. Harusnya ada etika disitu, baik pengirim bunga maupun penerima,” kata Djusman AR kepada media Bangsaku.co, Kamis (13/6/2024).

Lanjut Djusman AR yang juga dikenal sebagai Koordinator Badan Pekerja Komite Masyarakat Anti Korupsi (KMAK) Sulselbar itu menilai kiriman bunga itu berpotensi memunculkan kecurigaan di masyarakat.

“Atas kejadian tersebut maka itu akan melahirkan beragam persepsi, apakah si pengirim bunga itu ada komunikasi dengan si penerima atau si pengirim bunga hanya sekadar mencari muka,” ujar Djusman AR yang juga Direktur Lembaga Peduli Sosial Ekonomi Budaya Hukum & Politik (LP-SIBUK) Sulsel tersebut.

Djusman berharap Kajari Makassar yang baru saja dilantik tidak main mata dengan pihak terperiksa pada kasus yang ditanganinya.

“Terhadap Kajari yang menerima tidak boleh diam terhadap tindakan itu, karena diamnya kejaksaan, masyarakat akan bertanya-tanya dan curiga. Masyarakat dapat menghubungkan kasus di kejaksaan yang sedang berproses terhadap pengirim bunga yang berstatus terperiksa. Kita meminta pihak kejaksaan membuka ke ruang publik, bagaimana perkembangan kasus tersebut,” pungkas Djusman AR.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *