Breaking News

DPMPTSP Makassar Raih Penghargaan dari Kemenkes Kategori Penyelenggaraan Perizinan Tenaga Kesehatan

METAINFO.ID,MAKASSAR-Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Makassar meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan sebagai Instansi Penyelenggara Perizinan Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan Terbaik.

Penghargaan ini diberikan oleh Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan pada acara pertemuan uji publik rancangan regulasi bidang praktik kedokteran dalam rangka akselerasi registrasi dan perizinan tenaga medis dan tenaga kesehatan yang dilaksanakan di Swiss-Bell Hotel Harbour Bay Batam, Selasa 9 Juli 2024.

Hal ini didasari oleh Undang-Undang nomor 17 tahun 2023 tentang Kesehatan dan Surat Edaran tentang penyelenggaraan perizinan tenaga medis dan tenaga kesehatan pasca terbitnya undang-undang nomor 17 tahun 2023 tentang kesehatan.

Penyelenggaraan perizinan untuk tenaga kesehatan dan tenaga medis di kota Makassar tetap melibatkan unsur dinas Kesehatan sebagai tim teknis yang memverifikasi persyaratan di mana seluruh proses penyelenggaraan izin mulai dari pendaftaran, verifikasi sampai dengan penerbitan izin dilakukan secara online melalui aplikasi mandiri DPMPTSP Kota makassar Solata’BOSS yang dapat diakses melalui laman solataboss.dpmptsp.makassarkota.go.id.

Kepala DPMPTSP Makassar, Helmy Budiman, S.STP, MM mengutarakan bahwa penghargaan ini menjadi penanda bahwa aplikasi Solata’BOSS berjalan sesuai SOP dan mampu menjawab kebutuhan perizinan.

“Ini menjadi penanda bahwa kita telah bekerja sesuai aturan yakni menindaklanjuti UU No. 17 Tahun 2023 dengan menyesuaikan SOP dan persyaratan perizinan tenaga kesehatan dan medis termasuk aplikasi yang digunakan agar sesuai dengan surat edaran, tentunya berkoordinasi dinas kesehatan sebagai dinas teknis perizinan” imbuhnya.

Helmy menambahkan kedepan aplikasi ini akan terus dikembangkan agar semakin memudahkan pengguna layanan perizinan di kota Makassar dan yang terpenting adalah mengintensifkan koordinasi antar OPD terkait yang mengurus teknis perizinan seperti Dinas Kesehatan.

“Penghargaan ini menambah semangat untuk terus berbenah bahkan mengembangkan aplikasi ini. Dan yang paling penting adalah koordinasi lintas OPD, terkhusus yang mengurusi teknis perizinan agar layanan kita berjalan baik. Kuncinya.

Diketahui aplikasi perizinan Solata’BOSS telah hadir untuk memberikan pelayanan perizinan yang cepat, transparan, dan mudah diakses. Proses perizinan yang efisien dan tidak ribet, sistem perizinan ini dinilai inovatif, karena mampu memastikan kebutuhan seputar perizinan terpenuhi dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *