Breaking News
Berita  

Pemain FTV Indosiar Teguh Esa Bangsawan DJ, S.Hum, Berminat “Magister Sejarah dan Ilmu Filsafat”.

METAINFO.ID,MAKASSAR,– Teguh Esa Bangsawan DJ, S.Hum yang dikenal Aktor Muda Berbakat dari Sulsel, Jebolan Komunitas Seni Adab (KiSSA) FAH UINAM kini kesehariannya disibukkan agenda pra kuliah di Pascasarjana Unhas Prodi Ilmu Sejarah.

Kebiasaan Teguh padat agenda dan tampil di hadapan publik, sudah dilakoni semasa TK, SD, SMP diantarannya lomba menggambar, baca puisi, pidato, cerdas cermat dan tarian budaya, hingga SMA aktif di kepengurusan OSIS dan PMR.

Lanjut Perguruan Tinggi di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) Fakultas Adab dan Humaniora. Ia aktif sebagai Koordinator Maya (Teater) Pada UKM Fakultas, Komunitas Seni Adab (KiSSA) FAH UINAM, juga berhimpun di Organisasi Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) Sulsel, begitu pun di Kepengurusan Persatuan Artis Sinetron dan Film (PASFI) Sulsel.

Eksistensinya berkait seni peran tak tanggung-tanggung dilakoni, pernah terpilih sebagai Aktor pada Festival Teater Mahasiswa Indonesia (FTMI) XV, hingga menjadi pemain di Film Layar Lebar.

Tak sampai disitu, juga telah menunjukkan kemampuan aktingnya di FTV Indosiar, beradu akting dengan aktor senior pada bulan September 2022 kemarin.

Selain itu, Teguh juga merupakan Aktivis HMI lulusan Intermediate Training (LK II) Tingkat Nasional.

Menariknya pula figuritas Teguh, meskipun padat agenda, aktif berorganisasi ia mampu menyelesaikan S1-nya tepat waktu dengan predikat Cumlaude di Kampus berbasis religius dan ilmiah.

Lanjut ke jenjang yang lebih tinggi memang sudah menjadi impian dan cita-citanya semasa kuliah strata satu (S1) dan telah dibuktikan dengan terdaftarnya sebagai mahasiswa Pascasarjana Unhas.

Sebelumnya ramai dalam pemberitaan, Teguh akan melanjutkan pendidikan Magister (S2) di UI Prodi Ilmu Filsafat, lalu mengapa mendaftar di Pascasarjana Unhas?

Berikut wawancara singkatnya saat bertemu di gedung perpustakaan Kota Makassar.

Menurut Teguh, ia mendaftar di Pascasarjana Unhas dengan pilihan ilmu sejarah dikarenakan memang merupakan minatnya dan linear dengan Strata Satunya (Sejarah Peradaban Islam), juga disebabkan tidak ingin merasa menganggur (terdapat masa jeda usai wisuda) dan pendaftarannya di Unhas lebih cepat yaitu pada bulan Oktober kemarin 2022, sementara di Pascasarjana Universitas Indonesia (UI) untuk minat Ilmu Filsafat, jadwal pendaftarannya Februari mendatang “Semoga lulus juga dan bisa selesai keduanya (Sejarah dan Filsafat), mohon doanya,” ucap Teguh Esa.

Saya sangat berminat Ilmu Filsafat, saya suka sejarah dan filsafat, itu semangat saya, tapi maaf mudah-mudahan tidak dimaknai sesumbar, berharap positif dan sekali lagi mohon doanya.

Jadi bagamana mengaturnya kalau lulus juga di UI?

In sha Allah bisa, kalau saya lulus di UI, sesuai schedulenya yang saya lihat, kan nanti bulan agustus perkuliahannya sedangkan disini (Unhas) sudah pra kuliah, artinya bisalah kelar 1 (satu) semester sekaligus menyusun proposal sembari masuk kuliah semester awal di UI. Prinsipnya ada niat, doa dan upaya, Itu saja.

Begitupun sebaliknya bila belum mendapat kesempatan lulus menempuh ilmu tersebut pada tahun ini, ya fokus saja dulu di ilmu sejarah sambil menunggu pendaftaran berikutnya serta memperbanyak membaca bukunya. Sekarang kan sudah canggih serba digital namun meskipun begitu tetaplah beda mutunya dengan pernah mempelajarinya secara formal (ada dosen, pembimbing dan penguji) tapi In Sha Allah, spirit akan selalu melekat pada kepribadian saya apalagi hal baik.

Begitulah harapan saya, semoga terkabulkan, sungguh merupakan niat saya untuk berpacu mengejar kedua bidang ilmu itu sebagai bekal hidup dan akhirat nanti.

Semoga ilmu yang saya peroleh nantinya dapat saya amal baktikan di lembaga pendidikan dan mentransformasikan dalam keseharian serta kepada masyarakat luas. Aamiin YRA.

Teguh Esa Bangsawan DJ, S.Hum adalah Putra Sang Aktivis Anti Korupsi yang mengkoordinir beberapa Lembaga Anti Korupsi dan Advokasi HAM di Sulawesi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *