Breaking News

Fakultas Hukum Unhas Gelar Pelatihan Metode Penelitian Sosio-Legal

METAINFO.ID,MAKASSAR- Pada saat ini arti penting pendekatan sosio-legal dalam melihat hukum semakin menguat, seiring dengan meningkatnya kebutuhan untuk menghubungkan pengajaran hukum dengan kebutuhan reformasi hukum serta pelindungan hukum dan HAM bagi masyarakat.

Pendekatan kajian hukum yang normatif dan hanya bertumpu pada teks kerap kali tidak mampu memperlihatkan permasalahan sosial dan hukum di masyarakat yang semakin kompleks.

Sebagai wujud penguatan terhadap implementasi sosio-legal, Fakultas Hukum (FH) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Basic Training For Sosio Legal Approach di ruang Video Conference H.M. Laica Marzuki, Sabtu, (25/02/2023).

Prof. Dr. Iin Karita Sakharina, S.H., M.A., Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Sumber Daya, dan Alumni Fakultas Hukum Unhas menyampaikan dalam sambutannya turut mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini yang mampu memberikan energi positif

“Tentu saja kita semua sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini”. jelas Prof. Iin sapaan akrab Prof. Dr. Iin Karita Sakharina, S.H., M.A

Lebih lanjut dirinyapun menyampaikan agar para peserta yang senantiasa mengikuti kegiatan ini dapat mengenal sosio legal dan menerapkannya dalam tri dharma perguruan tinggi di Fakultas Hukum Unhas. papar Prof. Iin

Pada Kegiatan Basic Training ini menghadirkan dua orang narasumber yakni Fachrizal Affandi, S.H., S.Psi, M.H., Ph.D yang merupakan Ketua Umum Asselesi (Asosiasi Studi Sosio Legal Indonesia) yang juga merupakan akademisi dari Universitas Brawijaya Malang, serta Santy Kowagam, S.H., LL.M., Ph.D yang merupakan guest researcher pada Van Vollenhoven Institute Universitas Leiden). Para narasumber memaparkan materi terkait pengantar dan domain sosio legal, serta penerapan sosio legal dalam penelitian hukum.

Diketahui bahwa Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari ATTRACT (Advanced Training of Trainers in the Application of the Socio Legal Approach), dimana pada Bulan Agustus 2022 lalu tiga orang dosen Fakultas Hukum Unhas secara intens mengikuti kegiatan pelatihan tersebut di Batu-Malang.

Dalam Kegiatan Basic Training ini juga diikuti 25 orang peserta dari unsur dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum Unhas, serta dilaksanakan dengan metode pembelajaran aktif disertai ice breaking dan games yang dipandu oleh 3 orang fasilitator yakni Rafika Ramli, S.H., LL.M, Achmad Fahri Faqi Marzuki, S.H., LL.M , dan Andi Muhammad Aswin Anas, S.H., M.H yang merupakan dosen Fakultas Hukum Unhas serta alumni dari Program ATTRACT. (*MHM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *