Breaking News
Berita  

Bareng RKP – IMM Hukum Unhas Gelar Pelatihan UMKM Berbasis Digital

METAINFO.ID,MAKASSAR- Ditengah derasnya arus globalisasi yang semakin dinamis membuat gaya hidup masyarakat ikut mengalami pergeseran.

Selain itu pola bertahan hidup masyarakat baiknya didesain sedemikian rupa dalam mengikuti perkembangan ini. Karena itu pengembangan UMKM yang berbasis digital salah satu menjadi solusi.

Melihat fenomena ini, Ruang Kolaborasi Perempuan (RKP) komunitas penggerak kesejahteraan perempuan melaksanakan kegiatan pelatihan UMKM dengan basis Digital Marketing terhadap perempuan-perempuan pinggiran kota Makassar dan Maros.

Untuk kelas kali ini RKP memberikan materi dan pelatihan mengenai “Pelatihan dan Pendampingan Inklusi Keuangan Digital untuk kelompok Perempuan” di Kampung Sinassara, Kecamatan Tallo, Kota Makassar.

Pada kesempatan ini, Comunitas RKP bareng IMM Fakultas Hukum Unhas untuk menjadi Volunteer dalam pelaksanaan kegiatan.

Dido, merupakan fasilitator utama dalam menyampaikan bahwa banyak organisasi kepemudaan yang kegiatannya hanya itu-itu saja dan jarang memberikan dampak langsung kepada masyarakat, Senin (16/01/2023)

“kebanyakan organisasi-organisasi pemuda atau mahasiswa sekarang itu kegiatannya hanya itu-itu saja, dan jarang memberi dampak langsung ke Masyarakat, oleh karena itu kedatangan adik adik IMM ini tentunya sangat bagus sekali, karena sudah mau turun langsung ke masyarakat untuk merasakan bagaimana menjadi volunteer di lapangan dan sebagainya. Kegiatan seperti inilah seharusanya yang diperbanyak oleh anak-anak muda sekarang, tentu saja ini akan memberi banyak pengalaman ke adik-adik sekalian juga yang akan berguna di masa depan”. pinta Kak Dido sapaan akrabnya

Terpisah, Yusril ketua umum IMM Hukum Unhas menyampaikan saat dikonfirmasi oleh awak media bahwasanya pihaknya senang dalam melakukan kegiatan ini karena mampu memberikan perspektif baru untuk melakukan kegiatan kemahasiswaan selanjutnya, Selasa (17/01/2023)

“kegiatan sosial seperti ini sungguh luar biasa sekali, dan sudah semestinya harus diperbanyak dilaksanakan. Selain memberi manfaat langsung untuk masyarakat binaan juga dengan turun langsung akan memperlihatkan kita bagaiamana kenyataan kehidupan sebenaranya dalam masyarakat, dan ini akan memberikan kita pelajaran dan pendidikan dalam mempersiapkan diri sebelum kembali mengabdi di masyarakat nantinya” jelasnya

Selanjutnya kata Yusril, kegiatan seperti ini jarang sekali kita rasakan dalam aktivitas Unit kegiatan mahasiswa di kampus yang terlalu kaku dan terkungkung dengan belenggu kemewahan peradaban kampus

“Mahasiswa sebagai agent of changes atau tri dharma perguruan tinggi itu semua hanya dapat terwujud ketika kita banyak melaksanakan kegiatan sosial seperti ini, namun justru yang terjadi di kampus sedikit berbanding terbalik dimana kegiatan mahasiswa kebanyakan hanya terkungkung pada program kerja yang stagnan dan hanya berfokus pada pengembangan personal diri mahasiswa saja, padahal tujuan dari pengembangan itu adalah supaya berguna dalam masyarakat sehingga kegiatan seperti ini yang seharusnya di perbanyak”. papar Yusril

Diketahui dalam pelaksanaan acara ini, mendapat respon positif dari peserta kegiatan. Nampak menyampaikan kesenangannya akibat kedatangan dari anak-anak muda ini yang kesemuanya adalah Mahasiswa yang mampu memberikan energi positif buat mereka. (*MHM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *